Selasa, 22 Februari 2011

UNIVERSITAS SRIWIJAYA
KE PROVINSI BALI, DI YOGYAKARTA, JAWA BARAT
17-26 JANUARI 2011

Hari senin Tanggal 17 januari 2011 yang sudah dinanti sejak lama akhirnya datang juga.begitu lah agenda tiap tahun unutk angkatan semester 3 di prodi fkip unsri.semua mahasiswa menyambit gembira ,tak terkexuali saya,,hehe.tak peduli nilai uas semester 2 blm kluar….maklum,,,,kalo yang namanya kluar kota n jalan2 mah.heheh.pasti semangat,eitss tapi ingat tujuan nya kan prktik kuliah lapangan.
Perjalanan kami menuju ke bali,Jogjakarta,n bandung.ke 3tiga tempat itu merupakan objek dimana tempat kami untuk menjalnkan praktik kuliah lapangan..adapun untuk di bali,target yang dituju adalah pantai tanah lot,pantai kuta,taman safari n marine park,penangkaran penyu,tak ketinggaln pantai jimbaran dimana pantai yg bisa dinikmati dengan sunsetnya.dan dapun di jogja, target yang dituju adalah kawasan taman nasionla gunung merapi,gembiraloka,,taman pintar,dan ketiga pantai selatan ,yakni,krakal,kukup,dan baron.sedangkan di bandung taget nya adalah gunung tangkuban perahu .dan keseluruhan hari yang kami tempuh adalah sepuluh hari.
Hari pertama ,dari Palembang ,pukul 07.15 kedua armada bis yang membawa perjalana kami sudah berangkat,,,khawatir jika terlalu siang takut kena macet di jalur Palembang-indralya,dan akhirnya tiba juga di indralaya,,pukul 08.15, setelah semua mahasiswa sudah di kedua armada bis,,bis melaju dan kami pun larut dlm perjalanan,tak ketinggalan ,kami yang ada di bis 2 sangat antusias sekali dlm perjalanan ini mengisi kejenuhan dengan bernyanyi bersama,.

mengingat tujuan pertama kali ke Bali ,jadi butuh waktu 2 hari 2malm d dalam perjalanan,dan perkiraan kami rabu pagi tanggal 19 januari 2011 sudah chek in hotel di bali pun meleset,karna berbagai kendala dan rintangan, macet nya jalan di Jakarta, belum lagi mobil bis kami ada kendala sedikit,serta jalur cepat menuju ketapang putus akibat menara yang roboh sehingga bis kami memutar arah melewati banyuwangi yang malah harus mengabiskan waktu yang lebih lama.dan alhasil kami tiba diketapang,sekitar pukul 13.00 WIB. Selama lebih kurang 1 stengah jm ,kami sudah dapat tiba ,,tetapi tak kalah penting juga selama di kapal feri menuju pulau bali,kami dapat menyaksikan panorama laut dan pulau2 kecil yang ada disekitar pulau jawa dan bali,,waw ,,begitu indah..

Suasana pelabuhan ketapang terlihat pulau di sekitar pulau Jawa
Setelah tiba di gilimanuk,,,kami langsung menuju pantai tanah lot,setelah mencapai waktu 3 jam lebih,,akhirnya bis kami juga tiba di tanah lot..pantai yang begitu indah ,sesampainya disana ,,kami di sambut dengan pemandangan yang begitu indah…. Tapi untuk mencari specimen laut ,kami belum maksimal ,karna kendala waktu ,..kami di sana tidak hanya lebih dari satu jam,,kemudian kami lanjut menuju ke hotel yang di Bali untuk chek in….hingga akhirnya kami dibagi kamar, dan istirahat berharap hari esok lebih menyenangkan.

Pelabuhan Gilimanuk
Hari kedua di Bali,,pagi2 pukul 08.00 WITA, penangkaran penyu adalah objek pertama yang akan kami kunjung ke Bali di hari kedua,di tempat tersebut kami melakukan praktik kuliah lapangan,yang mana kami dapat belajar bagaimana penyu itu berkembang biak,tempat hidup dan bias melihat penyu yang berukuran yang besar.

Suasana lokasi tempat penangkaran penyu
Setelah menghabiskan waktu 2 jam belajar mengenai penyu, kami melanjutkan tempat kunjungan yang lainnya adalah taman safari dan marine park Bali.kuliah lapangan kami disini adalah Zoologi Vertebrata.pukul 10.00 WITA,kami mulai memasuki wilayah taman safari .petama yang kami liahat adalah berbagai macamu kami di lanjukan melihat berbagai jenis ikan. Setelah itu kami dilanjutkan denagan melihat hewan lainnya,seperti foto di bawah ini

AQUARIUM ‘TINFOIL BAR’

REDTAIL CATFISH ELECTRIC EEL ASIAN AROWANA

DI DEPAN AQUARIUM ‘ASIAN AROWANA’

Harimau sumatera gajah sapi bali
Selanjutnya sekitar pukul16.00 WITA, kami sudah ada di pantai kuta,begitu mengagumkan pantainya yang ramai sekali,dengan pasir putih .kami mulai mencari specimen ,walau kami curi2 waktu untuk berfoto.hehehe..

tidak banyak juga specimen laut yang kami peroleh,,,,ya,,tak apalah,,mengingat pantai kuta selalu ramai di kunjung,,dan diijak2pantai nya.lebih kurang 1 jam kami di pantai Kuta,,,kami menuju ke pusta perbelanjaan yang terkenal di Bali,selama perjalanan yang menggunakan shuttle ,bali diguyur hujan,di perjlanan kami dapt melihat langsung monument yang mana it merupan kan tempat pernah diledakkan bom bali yang digawangi Amrozi CS. Rencana setelah berbelanja ,ingin menikmati sunset di pantai jimbaran pun harus disesalkan ,pasalnya hujan sudah turun,dan kami pun beristiraht di mana tempat bis kami parkir,,di Hawai,,setelahhujan selesai turun,,kami tetap ke kafe yang ada di pinggir pantai jimbaran tersebut.pukul.08.00 WITA,ki dapat menikmati ikan bakar bumbu khas Bali serta di suguhkan juga tari bali .suasana pun mencadi ceria,seakan ini lah puncak nya acara kami di Bali,setelah jauh2 dari Palembang bahkan menyebarangi 2 pulau.setelah acara tersebut selsesai,kami pun pulang emenuju hotel mengingat malam terakhir di Bali ,karena esoknya kami harus meningglkan Bali.
Keesokan harinya,kami pun harus checkout hotel.dan sebelum meningglkan Bali,tak lupa,kami semua mampir di beberapa pusat perbelanjaan di Bali,yang mana ini tak kalah pentingnya,membeli oleh2 untuk orang2 tercinta ,,,yakni keluarga di kampong halaman…heheh Setelah itu langsung menyebrangi laut ,dan mengucapkan salm perpisahan kepada Bali….sampai jumpa….
Setelah Bali,,kami menuju kota Jogjakarta,,,tanggal 22 januari kami sudah tiba di Jogjakarta.pagi2 subuh kami mandi dan sarapan di rumah makan Grafika,,mengingat kami belum chek in hotel,karena kami langsung menuju ke candi ratu Boko,pukul 08.00 WIB kami sudah tiba disana ,dan langsung menikmati pemandangan indah dari candi itu.setelah satu jam kami di sana,kami pun meninggalkan tempat tersebut,dan lanjut perjalanan menuju ke Taman Nasional Gunung merapi yang terletak di Kaliurang ,yang merupakn tempat yang jaraknya dekat dengan Gunung Merapi yang sudah erupsi,dan dan masih mengeluarkan lahar dingin. Kami disambut dengan hujan,,,saat memasuki wilayah tersebut, kami disuguh dengan panorama taman merapi ,yang wilayah peggunungan dengan sekeling batu.setelah waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB, kami meninggalkan tempat itu,,kami langsung menuju pusat perbelanjaan di Jogjakarta ,,yakni Malioboro..seusainya asyik berbelanja,,,malam menjelang,kami melanjutkan akan chek in hotel yang ada di jogja,,sampai akhirnya kami pun istirahat ,untuk menyiapkan hari esok.
Hari kedua di jogja,23 januari 2011 pagi- kami berngkat menju gembira loka yang man tempat ini menediakan laboratorium pendidikan alam yang isinya berupa specimen hewan avertebrata,hingga kami asyik mendokumentasikan nya..setelah itu kami melihat hewan vertebrata lainnya. Pukul 10.30 WIB kami pun harus melanjutkan perjalanan menuju ke pantai Krakal,Kukup,Baron yang mana 3 pantai itu letaknya berdekatan ,tetapi kami menuju kesana butuh waktu 2 jam setengah hingga akhirnya sampai pertama kali di pantai Krakal,kami begitu menikmati suasana pantai,karena cukup banyak specimen laut yang dapat kami peroleh dari pantai itu.Kemudian pukul 14.30 wib ,,kami sudah tiba di pantai Kukup yang jarak tempuh nya dri pantai Krakal adalah lima menit.satu jam setengah kami lewati di panati kukup. Bulu babi,bintang ular,dan berbagai kerang,dapat kami kumpulkan, tidak mengherankan juga kami begitu antusias dalam mencari hewan laut itu,,karena bertebaran bulu babi dn bintang ular ada di pantai kukup. Kami mulai memisahkan,mengepak di setiap toples setelah mennyelsesaikan packing specimen laut. Karena masih ada waktu ,kami melanjutkan ke pantai Baron,sesampainya di sana suasana mendung menyelimuti langit ,, dengan suasana pinggir pantai banyak sekali kapal-kapal nelayan.kami memanfaatkan waktu kami untuk berfoto. Tidak lama kami berada di sana, langit pun langsung menurunkan hujannya. Kami pun bergegas berlari menuju bis, untuk segera pulang ke hotel.
Keesokan harinya tanggal 24 januari,kami segera melanjutkan petulangan d kota gudeg lagi,,yakni dengan berkunjung ke keraton jogja.
Setelah itu kami melanjutkan ke tempat lain,yakni di candi prambanan,
Setelah merefreshing kan mata,,dengan tempat2 wisata di jogja,sorenya kami langsung tancap menuju ke jawa barat,yang mana kami akan berkunjung ke Tangkuban Perahu. Sekitar pukul 05.00 Tanggal 25 januari, kami berada di rumah makan di Lembang,yang mana sangat berdekatan sekali dengan gunung Tangkuban Perahu. Setelah selesai mandi, makan, kami langsung berpetualang di gunung Tangkuban Perahu.
Setelah menghabiskan waktu beberapa jam yang sangat menhyenangkan, kami semua langsung menuju pusat perbelanjaan tas dan sepatu di Cibaduyut. Satu jam kami habiskan di tempat itu hingga kami tak tau lagi, karan uang kami sudah smkin kering,,,hahahhaaa
Setelah berbellanja ,kami naik k bis ,langsung kembali pulang ke Palembang.berharap cepat tiba d rumah,,yang tak sabar untuk membagikan dengan keluarga tercinta.Alahamdulillah…kami tanggal 27 januari sudah tiba di Palembang denagn selamat, dan kembali ke kampong halaman lagi .